-->

Cupcake Putih Telur Topping Oreo by Sumijati Emed Cestar



by Sumijati Emed Cestar

Hari ini saya menerima pesenan snacks box. Berhubung di kulkas banyak banget putih telur sisa bikin kue kering, saya coba cari resep bolu berbahan putel. Akhirnya nemu deh resep Cake Putih Telur-nya Phie Kitchen, langsung saya coba dengan sedikit modifikasi bahan dan cara membuatnya, disesuaikan dengan bahan2 yang ada di rumah. Biar ekonomis ceritanya. ^_^ Karena males motong2 dan bungkusin pake plastik, saya bikin cupcake aja. Sayang kurang lama manggangnya, jadi ketika dingin, permukaan cake agak basah. Enak sih, coklatnya terasa, empuk, dan moist.


Hasil jadi: untuk 25 cup
Bahan-bahan
250 g putih telur
100 g gula pasir
10 g emulsifier (saya pake SP)
90 g tepung terigu
15 g coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1 sdm susu kental manis, diencerkan dengan 1 sdm air
60 g margarin, cairkan
4 keping biskuit oreo dengan isinya, dicincang kasar


Langkah

Siapkan cetakan muffin kecil, lapisi dengan cake case kertas. Sisihkan.
Panaskan oven pada suhu 180°C.
Campurkan tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder. Ayak, sisihkan.
Kocok putih telur, gula, dan emulsifier dengan mixer kecepatan tinggi hingga putih dan berjejak.
Kurangi kecepatan mixer secara bertahap ke level terendah, masukkan campuran tepung, kocok hingga tercampur rata.
Masukkan susu cair, kocok sebentar. Tambahkan pula margarin cair, aduk rata.
Tuang adonan ke dalam cetakan muffin kecil, taburi atasnya dengan oreo cincang.
Panggang hingga matang, angkat dan dinginkan. Siap dihidangkan...






Resep Populer

Followers