-->

Red Velvet Cupcake by Fyro



by Fyro

Awalnya pengen bikin red velvet cake, tapi takut gagal..makanya, untuk hemat bahan aku bikin red velvet cupcake, dengan bahan2 1/3 dari resep red velcet cake. Setelah dicoba ternyata berhasil, dan rasanya bener2 enak ^^ [cupcakenya di panggang menggunakan happy call karena tidak punya oven :D]
Selamat mencoba yah :D #InspirasiBukaPuasa


Hasil jadi: 6 porsi
Bahan-bahan
140 gram Tepung Terigu
1 sendok makan Chocoa powder
1 sendok teh Baking Soda
57 gram Mentega
100 gram Gula Halus
1 butir Telur Ayam
1 sendok teh Vanili
110 ml Susu Cair
5 sendok teh Pewarna Makanan Merah
1 sendok teh Cuka Apel
3 sendok makan Tepung Terigu
250 ml Susu Cair
200 gram Mentega Tawar
1 sendok teh Vanili
100 gram Gula Halus
secukupnya Garam


Langkah

Campur bahan-bahan kering yaitu, tepung terigu, cocoa powder dan baking soda dalam wadah.
Dalam wadah terpisah, campurkan susu dan cuka apel, aduk rata, sisihkan.
Pada wadah terpisah, kocok mentega, gula halus dan vanili sampai halus dan mengembang [aku menggunakan pengocok telur manual karena ga punya mixer, maklum anak kosan :P]. Tambahkan telur kedalam ke kocokan mentega, aduk hingga rata.
Masukkan campuran bahan kering bergantian dengan campuran susu cair dan cuka apel kedalam adonan mentega, aduk rata.
Dan terakhir masukkan pewarna makanan merah, aduk lagi hingga merata. Janga terlalu lama diaduk agar adonan tidak turun.
Panaskan happy call dengan api kecil.
Masukkan adonan kue kedalam loyang cupcake yang telah diberi alas kertas cupcake. Isi sampai 3/4 bagian saja, karena adonan akan mengembang.
Ini trik memanggang kue dengan happy call [ini aku peroleh setelah sekian kali percobaan] Jadi sebelum loyang kue dimasukkan kedalam happy call, beri semacam penyangga dibagian dalam happy call, sehingga loyang tidak langsung menyentuk teflon dr happy call. Kita bisa menggunakan sendok atau garpu ataupun potongan genteng yg telah dilapisi aluminium voil. Hal ini dimaksudkan supaya panas dari api tidak langsung mengenai loyang kue sehingga kue tidak gosong bagian bawahnya. Dan ingat, api yg digunakan harus kecil yah.
Masak cupcake selama 20 - 25 menit. Setelah 20 menit, cek cupcake dengan cara menusukkan lidi atau toot pick, jika setelah ditarik tidak ada adonan yg menempel pada lidi atau toot pick, maka cupcake telah matang. Sisihkan dan dinginkan.


Untuk frostingnya, masak susu cair yang telah dicampurkan dengan 3 sendok makan tepung terigu hingga mengental. Aduk terus supaya tidak gosong bagian bawahnya. Sisihkan dan dinginkan dalam suhu ruangan.
Kocok mentega tawar, gula halus dan garam hinga lembut dan mengembang. Tambahkan susu yang telah dikentalkan. Aduk lagi hingga rata, lembut dan mengembang. Frosting siap digunakan.
Terakhir, hias cupcake dengan frosting sesuai selera. Dan cupcake pun siap disantap. Selamat mencoba ^^




Resep Populer

Followers