-->

Simple Vanilla Cupcakes Untuk Ulang Tahun Anak by Fitri Sasmaya



by Fitri Sasmaya

Hari ini anak saya ulang tahun, dia mau bawa cupcake ke sekolah untuk dibagi2 dengan teman2 dan gurunya.

Cupcake untuk guru2nya saya beri butter cream warna pink rose dan yang dibagi2 dengan teman2nya saya buatkan cupcake tanpa telur (postingan sebelum ini).

saya pakai resep mbak amalia nugraha cookpad, resepnya didapat saat kursus cupcake NCC.
Untuk butter cream pake resep saya sendiri.

Resep tersebut jadi 17 buah, saya memakai sendok es cream saat menuang adonan cake, jadi bisa sama ukurannya.

Note: buttercreamnya untuk 3x resep.


Bahan-bahan
200 gram tepung terigu
250 gram gula pasir (saya 190 gram caster sugar)
120 gram mentega (saya 60 gram mentega 60 gram margarin)
2 butir telur ayam
150 ml susu cair
1 sdm pasta vanilla (sy vanilla extract)
1 sdt baking powder
butter cream:
1000 gram unsalted butter
2 sdm vanilla extract
2 sdm susu cair
400 gram icing sugar
secukupnya pewarna makanan


Langkah

Kocok mentega, gula, vanilla hingga mengembang dan pucat
Masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang
Masukkan terigu(campur dengan baking powder, ayak) bergantian dengan susu, sambil diaduk hingga rata (pakai mixer)
Tuang adonan kedalam cetakan cupcake yang telah dilapisi cup cases.(saya pakai sendok ice cream waktu nuang, jadi bisa sama ukurannya)
Panggang di oven suhu 180℃, selama 25-30 menit (sesuaikan dengan oven masing2, saya suhu 180℃ selama 25 menit)
Angkat, biarkan dingin. Hias dengan butter cream.


Butter cream Kocok sampai lembut dan mengembang unsalted butter lalu tambahkan icing sugar mixer sampai mengembang tambahkan vanilla dan susu cair, mixer kembali sampai rata mengembang dan berwarna putih




Resep Populer

Followers